Friday, May 10, 2013

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Hamil makan Durian
Bolehkah ibu hamil makan durian  -  Seorang ahli kebidanan dr. Binsar Ricky H Sitompul, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Daan Mogot, Jakarta menjelaskan, bahwa durian sebenarnya tidak memiliki dampak atau efek langsung pada kandunga ibu yang sedang hamil. Namun, di dalam buah tersebut terkandung dua zat yang pada kadar tertentu dapat memberi dampak terhadap kehamilan. Dua zat tersebut adalah alkohol dan asam arachidonat.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, alkohol dapat mengakibatkan gangguan terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu gangguan tersebut adalah berat badan lahir rendah.

Sedangkan kandungan asam arachidonat adalah senyawa prekursor atau senyawa pencetus pembentukan prostaglandin atau senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran dini/kelahiran prematur (kehamilan di bawah 36 minggu).

Namun demikian, kadar dari kandungan kedua zat tersebut dalam sebuah durian tidak dapat mencukupi untuk menimbulkan kedua efek di atas. Dengan kata lain, buah durian aman untuk dikonsumsi selama buat tersebut masih dalam keadaan segar, bersih serta dengan porsi konsumsi yang tidak berlebihan.  Seperti mengonsumsi setengah buah utuh sudah cukup. Maka jika ada pertanyaan seorang ibu hamil ; bolehkah ibu hamil makan durian? Tentu saja dibolehkan jika sesuai dengan aturan yang telah kita bahas sebelumnya.

Sedangkan untuk produk olahan yang mengandung durian, tentu saja jumlah kadar kedua zat tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan kita mengonsumsi  langsung buahnya. Dengan demikian, dampak pada kandungan seorang ibu hamil dengan sendirinya juga jauh lebih kecil. Hanya saja, yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus kita semua adalah cara pengolahan , bahan utama dan bahan tambahan makanan yang turut serta dalam pengolahan produk makanan tersebut.

Bolehkan Ibu Hamil makan durianKita ambil contoh produk makanan yang mengadung durian seperti es krim, es krim sebagai produk olahan makanan mengandung pemanis dan lemak yang cukup tinggi. Demikian juga dengan produk olahan makanan yang lain seperti dodol. Sementara itu jika kita ketahui bahwa kebutuhan bayi terhadap karbohidrat dan lemak tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk produk makanan tempoyak, karena disebabkan oleh pengolahannya yang kurang higienis, makan jenis ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dalam tubuh.

Jadi, selama ibu hamil tidak berlebihan saat mengonsumsi durian baik jumlah dan waktu mengonsumsinya maka tidak berakibat terhadap janin yang dikandungnya. Demikian juga halnya dengan makanan produk olahan makanan yang mengandung durian. Sekali lagi yang perlu kita garisbawahi dan diperhatikan adalah tingkat kesegaran, cara pengolahan produk makanan tersebut, bahan penyerta serta seberapa banyak porsi yang dikonsumsi seorang ibu hamil.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes